Home

Wednesday, October 11, 2017

Asisten Berdedikasi Tinggi


Pekerjaan impian. Apa coba?
Lagi nggak ngerti-ngertinya nih dan posisi lagi di tangga paling bawah. Baru mau ngelangkah banget, di atas sana ada pintu namanya pintu karir. Wow. 

Jujur aja, waktu selesai sidang skripsi kemarin. Masih anget banget, bulan lalu. Aku happy -aja-, ya nggak tau tapi rasanya gitu. Cuman sebatas yei alhamdulillah beban kelar satu. Maksutku, sepertinya aku kurang sepenuh hati. Salah jurusan? Ga tau sih, bisa jadi iya dan nggak. Kurang greget aja, maaf sekali lagi. Banyak yang sementara aku kesampingkan demi menyelesaikan skripsi, contohnya hobi knittingku dan baca novel.

Otomatis, aku boleh dong totalitas dengan kedua hobiku itu yakaan. Beberapa minggu sebelum sidang, lupa persisnya, aku jebol tabungan tuk beli satu set Harry Potter bekas, dan memang aku langsung maraton begitu selesai sidang. Kniiting pun begitu. Alhamdulillah toko online udah buka dan beberapa tas serut juga udah kejual. Beberapa hari yang lalu juga sempet nekat apply jualan di bazaar handmade. Tapi lapaknya masih dikurasi sih, jadi doain bisa kesaring ya!

Namanya juga idup, mana bisa kapalmu adem ayem nggak pernah kena badai? 
Rencana adalah rencana, Tuhan dan Mamah yang berkehendak. 
Umur segini udah ada rasa gaenak minta-minta duit tiap bulan, apalagi kalo buat dibelanjain barang lucu-lucuan yang kalo ketauan bakalan kena semprot, "Nggo ngopo koyo ngono...". Sepertinya aku dosa. 

Punya gaji yang didapet pake usaha sendiri terdengar menyenangkan. Bisa nabung, ngasih Mamah dan Uyut, beli barang lucu-lucuan tanpa takut dosa, investasi ke bisnis kecil-kecilan, daaan cita-cita banget: bisa ngasih angpau lebaran ke bayi-bayi taun depan. Aamiin.

Tapi masalahnya adalah, aku pengen ngelakuin semua itu sendiri, ngga dipaksa, ngga disuruh, sebahagiaku, sepilihan-pilihanku, dan risiko aku yang tanggung. Aku punya rencana, aku tau bakalan mau gimana. Aku dengerin saran-saran, yes, tapi kalo sarannya nggak kupakai ya jangan marah, jangan maksa.

Huh.
Bekerja di luar kota jadi menggiurkan. Mungkin bener kata Dewi Lestari, yang dibutuhkan adalah jarak, nggak melulu tentang cinta. Bisa mulai hidup baru di tempat baru, mecahin masalah sendiri, susah iya tau. Sayang, ngga dapet kesempatannya.

Jadi kangen rumah kedua di Jalan Bantul hehehe. Setiap sedih, rasanya pintu Poyeng selalu kebuka lebar, nginep pun boleh kalo mau. Kangen piket, kangen Mbak Henny ngobrolin galau hidup, kangen Ifa curhat colongan, kangen Mbak Lia cerita pasien di RSJ, kangen dengerin Farah ngomong logat Suroboyoan, kangen nungguin amplop wangi duit tiap tanggal lima, kangen dengerin Geronimo. Kangen pakai apron.

"Harus siap sama tiap tangga kehidupan...," kata Mamah.
"...sebentar lagi kerja, nikah, tua, terus meninggal." 

Cari bahagia kok rasanya susah sekali.

No comments:

Post a Comment