Home

Sunday, July 9, 2017

Angpau Terakhir, Villa Berhantu, dan Lamaran Sepupu

Momen lebaran buatku selalu menyenangkan.
Ritual persisnya begini:
1. Bikin list di otak tentang makanan apa saja yang pingin banget dimakan setelah bulan puasa selesai. 
2. Mikir keras buat jawaban pertanyaan-pertanyaan susah yang akan diajukan tante, budhe, dan mbahti. Ngga lupa latihan senyum tulus.
3. Bakalan jalan-jalan ke mana tahun ini.

Tentang list makanan, walaupun memang kue manis di mana-mana, jelas-jelas konsep lebar-an bukan aku banget. Tapi sebagai cewek yang bakat nggak bisa gendut, perlu disyukuri dong dengan melahap makanan apa aja yang kusuka. Khususnya jajanan dan makanan wajib keluarga besar. 

Sebelum solat ied di lapangan dekat rumah, yang kami selalu cek adalah "Apakah si mbok tua penjual gulali dan baso jualan?" kalau beliau ada, selalu ada tante-tante yang borong kedua jajanan tersebut sebelum solat ied dimulai. Biar nggak ikutan antri pas solat selesai dan pasti udah kehabisan. Kejadian setelahnya adalah rebutan gulali-baso di rumah, siapa yang paling cepet sampai rumah paling berpeluang dapet jajanan-jajanan itu sekaligus. Dan pasti kekurangan. Kami selalu pingin bawa semua dagangan +si mboknya juga kalau perlu, buat jualan di depan rumah aja hahaha. Kalau si mbok nggak jualan, lebaran kami hampa.

Menu lainnya, tidak lain dan tidak bukan adalah menu lebaran yang itu-itu aja ala Mbak Tino, si mbak awet yang bantu-bantu di rumah. Ada rendang, opor ayam, sayur kubis, dan sambel goreng, oh iya ketupat!

Ketupat selalu dimasak di atas tungku berbahan bakar kayu. Kematangannya terjaga prima oleh bapak-bapak yang siap begadang gelar tiker deket situ. Beneran. Kalau rendangnya, kata si Soca, "Ini mah namanya Lebaran Starter Pack kalau udah ada bau rendang!". Opornya rahasia dapur. Sayur kubis dan sambel gorengnya tentu lezat dengan bumbu tangan cantik para sepupu. Padahal cuma nyumbang iris-iris pete, kubis, dan cabe deng hehehe.

Makanan beres. Sekarang yang paling deg-degannya nih!
Sesi sungkeman. Kupingmu perlu disiapin mentalnya, otak dan bibirmu harus sinkron, dan hatimu harus selalu dipenuhi kesejukan dari surga. Segitu seremnya, sampai aku hampir aja nge-print tarif apabila ingin mengajukan pertanyaan. Untung nggak jadi, karena aku udah banyak-banyakin berdoa. Alhamdulillah doa bagus-bagus yang keluar, bukan pertanyaan seram.

Waktu pembagian angpau, aku sadar. Sekaligus sedih dan semangat, dikit.
Aku udah kegedean buat nerima angpau. Mungkin seru ya kalau taun depan jadi yang ngasih krucil-krucil angpau dibungkus amplop lucu. Banyak yang berubah. Sepupu dah pada gede, dah pada kerja, pada punya keluarga sendiri, malah ada yang punya beberapa 'buntut'. Waktu sebenernya jalannya konstan aja, cuma aku yang kadang ngesot, kadang kebanyakan duduknya, kadang lari, kadang kayak dikejar setan. Gakpapa nikmati aja hihi. Tunggu ya bayi-bayiiii tantemu akan segera bekerja dan bagi-bagi duit insyaAllah!

Ritual liburan kami sebenarnya begitu-begitu aja kurang lebih. 
Pergi nyekar ke Kebumen rame-rame, ujung sanak familinya Mbahti dan Kakung, kewajiban makan bakso deket lapangan yang ngga boleh lupa, beli jajanan jadul banget, namanya kethek, di pasar Karanganyar tapi beneran enak. 

Besoknya baru agak beda, tapi beberapa tahun terakhir ini kami sewa villa di Kaliurang, rame-rame. Biasanya kami sewa villa yang itu-itu aja karena manfaatin diskon 50% Mamah karyawan kantor terkait. Serunya lebaran ini villanya dipake orang jadi mau nggak mau kami harus cari villa lain.

Pas dapet, hehehe sedikit horor. Baru kerasa atmosfernya doang sih, nggak tau beneran berhantu atau enggak. Ada lima kamar, dapur, ruang TV besar, dan kamar mandi. Tempatnya agak turun ke bawah jadi sedihnya kami ngga bisa lihat pemandangan sekitar, cuma dikelilingi pohon-pohon besar. 

Siapa cepat dia dapet kamar yang terang hehe. Kamar paling besar ada lemari terkunci, wastafel tua, dan lampu kelap-kelip. Kamar kedua dan ketiga terang, kamar empat lima lebih baik tidak ditempati. Dih masih merinding kalau bayangin gimana kamar empat. Pokonya paling sempit dan kacanya ditutupin :( jadinya gelap. Kamar lima, ngga tau, mungkin karena deket si empat dan jauh dari keramaian jadi mending ikut nggak ditempatin aja.

Akhirnya kami tidur empet-empetan aja di ruang TV yang syukurlah cukup besar buat menampung semua. Kami bersembilan belas, dan pada ketakutan cuma buat manasin nasi di dapur hahaha. 

Nggak ada apa-apa kok, cuma kerasa ada yang kurang beres aja sama villanya. Beberapa ponakan yang masih kecil cukup bikin kami merinding sih. Ada yang biasanya memang suka 'lihat' tapi ternyata dia anteng-anteng aja. Nah ponakan yang satunya lagi, waktu nyantai di luar sama Papahnya nyeletuk, "Pah, ada mbak-mbak." sambil menunjuk pohon besar sekitar situ :))

Ada lagi kali ini si tante yang mengalami, beliau baru aja selesai beberes di dapur dan jalan mau balik ke ruang TV, papasan sama 'yang sepertinya mbakku' trus ngehindar biar ngga tabrakan. Pas ditengok ndak ada hehehe. Dan pas udah sampai ruang TV lagi, mbakku di situ duduk diam. Hihuu!

Untungnya kami nginep rame-rame dan cuma sehari semalem aja. Besoknya lava tour naik mobil jip yang seru sekali. Tapi aku milih ikutan pulang duluan soalnya kena alergi dingin :( gatel semua badan. Padahal ngga biasanya....

Selamat-selamat!
Tambahan prosesi, lamaran sepupu.
Disuruh bantu waktu seserahan malah datengnya kalah on-time sama pihak calon manten laki-laki. Kelamaan bikin eye-liner sama pasang jarik lilit. Sepupu-sepupu memang terbaik, pasukan ngabisin sup! 

Ah iya ketinggalan, lebaran kali ini kami gagal nonton bioskop rame-rame soalnya udah ada bioskop rumah pake indihom. Kalo mau heboh, nontonnya hantu-hantuan. Semua terhantui sampai pulang ke rumah masing-masing, Beneran :((

No comments:

Post a Comment